Panduan Lengkap Memindahkan WordPress Hosting ke Blogger

dani indra

Apakah Anda berencana untuk memulai blog baru? Ya, itu luar biasa!

Secara umum, ketika berbicara tentang blogging, ada berbagai pilihan yang tersedia, seperti Wix, WordPress, Blogger, Drupal, dan banyak lagi. Berbicara tentang dua platform blogging terkenal di antaranya adalah WordPress & Blogger.

WordPress mendukung sekitar 43% situs web di internet. Dan itu sangat besar. Selain itu, ini adalah salah satu platform CMS dan blogging terbaik di dunia. WordPress mudah digunakan dan memiliki ribuan tema dan plugin untuk meningkatkan fungsionalitas situs web. Selain itu, dengan paket hosting WordPress yang berorientasi pada kecepatan , situs WordPress Anda akan memberikan kinerja dan pengalaman menjelajah yang luar biasa kepada pengunjung.

Selain itu, Blogger adalah platform blogging yang andal dan sederhana untuk membuat dan menerbitkan postingan blog. Jika Anda menganggap blogging hanya sebagai hobi tanpa menjadikannya sumber penghasilan penuh waktu, Blogger lebih baik daripada WordPress. Faktanya, ini adalah situs blog gratis, dan dijalankan serta dimiliki oleh Google.

Untungnya, konverter WordPress ke Blogger ada! Anda dapat mengkonversi WordPress ke Blogger dengan mudah hanya dengan mengikuti beberapa langkah mudah!

Mari selami tanpa penundaan!

Mengapa Beralih dari WordPress ke Blogger?

Jadi, jika Anda memutuskan untuk berpindah dari situs web/blog WordPress yang dihosting sendiri ke blogger CMS gratis Google, itu bermanfaat.

Namun, ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin ingin beralih dari WordPress ke platform Blogger.

Mari kita telusuri alasannya di sini:

Mengalami Lebih Sedikit Lalu Lintas

Anda tidak mendapatkan banyak lalu lintas dari blog WordPress Anda, jadi Anda tidak ingin mengeluarkan uang untuk membeli layanan hosting atau terus membayar biaya perpanjangan.

Tidak Ada Waktu untuk Pemeliharaan

WordPress memerlukan pemeliharaan yang sering, karena Anda harus terus memantau pembaruan tema dan plugin agar tetap berjalan dengan lancar. Dan intinya adalah, Anda tidak punya banyak waktu untuk melakukan pekerjaan pemeliharaan.

Faktor Biaya

WordPress gratis untuk digunakan dan Anda hanya perlu menginstalnya di server. Namun, masalahnya adalah Anda harus memilih layanan hosting agar tersedia secara online. Sedangkan Blogger menawarkan layanan hosting gratis. Jadi, uang Anda disimpan di sini!

Butuh Platform Sederhana

Anda memerlukan platform blogging sederhana di mana Anda tidak perlu terlalu mendalami pembaruan perangkat lunak dan teknis. Anda dapat memulai blog di Blogger dengan akun Google Anda hanya dalam waktu kurang dari satu menit. Antarmukanya sangat bersih dan mudah digunakan.

Semua dilakukan dengan alasan mengapa beralih dari WordPress ke Blogger!

Sekarang kita akan melihat langkah-langkah bagaimana Anda dapat mengkonversi WordPress ke Blogger:

Bagaimana Cara Beralih dari WordPress ke Blogger?

Kami bilang, berpindah dari WordPress ke Blogger itu mudah, namun masalah muncul karena WordPress dan Blogger memiliki format file yang berbeda.

Saat Anda mengekspor konten dari WordPress, ini menghasilkan format file WXR, namun Blogger tidak dapat mengimpornya, karena formatnya adalah file XML.

Satu-satunya solusi untuk ini adalah, mengubah format WordPress WXR menjadi format XML Blogger dan Anda siap melakukannya.

Pada dasarnya ada tiga langkah utama yang terlibat dalam hal ini:

Pertama ekspor konten Anda dalam file WXR

Konversikan file WXR Anda ke format XML

Sekarang impor file XML Anda ke Blogger

Jadi sekarang kita siap untuk mengkonversi WordPress ke Blogger. Lihatlah langkah-langkah yang diberikan di bawah ini. Itu terlalu mudah jadi ikuti dengan benar.

A] Mengekspor Postingan dari WordPress

Anda perlu mengekspor postingan WordPress Anda sebelumnya. Inilah cara Anda melakukannya!

Langkah 1: Langkah pertama adalah, Anda harus login ke dashboard WordPress Anda.

Langkah 2: Sekarang, ada bagian alat di kolom kiri dashboard WordPress Anda. Klik pada opsi Ekspor di sini.

Langkah 3: Pada langkah ke-3, pilih opsi yang ingin Anda ekspor lalu klik saja tombol Unduh file ekspor.

Langkah 4: Setelah ini, Anda harus menyimpan file yang diunduh di sistem Anda.

Langkah 5: Sekarang Klik pada tautan yang diberikan, di sini Konverter WordPress ke Blogger . Klik tombol telusuri untuk menemukan file ekspor WordPress WXR Anda.

Langkah 6: Setelah ini, cukup klik tombol convert, dan semuanya selesai, semua file Anda akan dikonversi dari WXR ke XML.

B] Mengimpor Postingan ke Blogger

Langkah 1: Pertama, login ke bagian blog Blogger Anda.

Langkah 2: Di sini, untuk masuk ke bagian pengaturan, gulir ke bawah dan klik opsi Impor konten.

Langkah 3: Sekarang, klik alat impor yang diberikan dan impor konten, gambar, dan postingan WordPress Anda, dalam format XML ke Blogger. Biasanya diperlukan waktu beberapa detik untuk melakukannya, tergantung pada ukuran file dan koneksi internet Anda.

Langkah 4: Langkah terakhir adalah mempublikasikan postingan yang telah Anda impor ke Blogger.

Dan itu saja! Anda telah berhasil berpindah dari WordPress ke Blogger.

Poin Penting dari Konverter WordPress Ke Blogger

Blogger adalah sistem manajemen konten yang hebat dan memiliki banyak sekali kelebihan. Memang benar, ini adalah pilihan bagus jika Anda ingin mulai membangun blog sederhana. Konverter WordPress ke Blogger membantu dalam skenario ini!

Selain itu, Anda mendapatkan semua fitur dan yang terpenting, ini adalah situs blog gratis. Tag “Gratis” membuatnya begitu terkenal di kalangan blogger dan, ya, kita semua.

Konversikan WordPress ke Blogger dan Anda siap berangkat! Semoga panduan ini membantu Anda!

Leave a Comment