Mengatur Domain Tambahan di DirectAdmin: Langkah demi Langkah

dani indra

Mengatur Domain Tambahan di DirectAdmin: Langkah demi Langkah

Mengelola domain tambahan merupakan langkah penting dalam mengoptimalkan penggunaan hosting web Anda dengan DirectAdmin. Dengan menambahkan domain tambahan, Anda dapat mengelola beberapa situs web di satu akun hosting. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk mengatur domain tambahan di DirectAdmin.

Langkah 1: Masuk ke Panel DirectAdmin

Buka peramban web Anda dan akses panel DirectAdmin melalui URL yang disediakan oleh penyedia hosting Anda. Masukkan nama pengguna dan kata sandi untuk masuk ke panel kontrol.

Langkah 2: Buka Bagian “Domain Setup”

Setelah berhasil masuk, cari dan klik pada opsi “Domain Setup” yang biasanya terletak di bagian “Account Manager” atau area serupa. Ini adalah tempat di mana Anda dapat menambahkan dan mengelola domain Anda.

Langkah 3: Tambahkan Domain Baru

Klik opsi “Add Another Domain” atau serupa untuk menambahkan domain tambahan. Di sini, Anda akan diminta untuk memasukkan informasi terkait domain yang baru Anda tambahkan.

  • Domain Name: Masukkan nama domain yang ingin Anda tambahkan (contoh: contohdomain.com).
  • Username: Pilih atau buat nama pengguna untuk domain tambahan ini.
  • Document Root: Tentukan direktori di mana file situs web domain tambahan ini akan disimpan.

Langkah 4: Konfigurasi DNS

Setelah Anda menambahkan domain, Anda perlu mengonfigurasi rekaman DNS agar domain dapat diarahkan ke server hosting Anda. Untuk melakukan ini, buka bagian “DNS Management” di DirectAdmin.

  • Tambahkan rekaman DNS yang diperlukan, seperti A record atau CNAME, sesuai petunjuk dari penyedia hosting Anda.
  • Pastikan untuk menyimpan perubahan DNS.

Langkah 5: Atur File dan Konten

Buka “File Manager” di DirectAdmin untuk mengelola file dan direktori situs web domain tambahan Anda. Unggah file-file situs web Anda atau buat struktur direktori yang diperlukan.

Langkah 6: Konfigurasi Email (Opsional)

Jika Anda ingin membuat alamat email khusus untuk domain tambahan, buka bagian “Email Accounts” di DirectAdmin. Tambahkan akun email baru dan atur pengaturan sesuai kebutuhan Anda.

Langkah 7: Verifikasi Konfigurasi

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, verifikasi konfigurasi domain tambahan Anda dengan membuka domain tersebut di peramban web. Pastikan bahwa halaman atau konten yang diharapkan muncul dengan benar.

Langkah 8: Keamanan dan Pemeliharaan

  • Aktifkan SSL (Opsional): Jika diperlukan, aktifkan sertifikat SSL untuk meningkatkan keamanan situs web domain tambahan Anda. Gunakan opsi yang disediakan oleh DirectAdmin untuk mengelola sertifikat SSL.
  • Pembaruan dan Backup: Pastikan untuk menjaga keamanan dan integritas situs web dengan melakukan pembaruan reguler dan membuat cadangan secara teratur.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat dengan mudah mengatur domain tambahan di DirectAdmin. Ini memberikan fleksibilitas dan efisiensi dalam mengelola beberapa situs web di satu akun hosting. Pastikan untuk selalu merujuk pada dokumentasi DirectAdmin atau mendapatkan bantuan dari penyedia hosting Anda jika Anda mengalami kendala atau pertanyaan selama proses konfigurasi.

Leave a Comment