Mengatur Custom SPF Records di DirectAdmin

dani indra

Panduan Langkah demi Langkah Mengatur Custom SPF Records di DirectAdmin

Sender Policy Framework (SPF) adalah metode otentikasi email yang memungkinkan pemilik domain menentukan server mana yang diizinkan mengirim email atas nama domain tersebut. Mengatur Custom SPF Records di DirectAdmin memungkinkan Anda mengendalikan pengiriman email yang sah dan melindungi domain Anda dari serangan phishing atau spoofing. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk mengonfigurasi Custom SPF Records di DirectAdmin.

1. Akses Panel Admin DirectAdmin

Mulailah dengan masuk ke panel admin DirectAdmin menggunakan kredensial akun Anda.

2. Pilih Opsi “DNS Management”

Setelah masuk, temukan dan pilih opsi “DNS Management” di dalam panel kontrol DirectAdmin.

3. Pilih Domain yang Akan Diatur SPF Records-nya

Di dalam DNS Management, pilih domain yang ingin Anda atur SPF Records-nya. Ini membawa Anda ke antarmuka pengelolaan DNS untuk domain tersebut.

4. Tambahkan SPF Record Baru

Pilih opsi untuk menambahkan atau mengelola rekaman DNS. Pilih “Add Record” atau opsi serupa.

5. Pilih Jenis Rekaman SPF

Dalam opsi penambahan rekaman, pilih jenis rekaman “TXT” karena SPF Records disimpan sebagai rekaman teks di DNS.

6. Masukkan Nilai SPF Record

Masukkan nilai SPF Record sesuai dengan kebutuhan domain Anda. Contoh SPF Record umum mungkin terlihat seperti:

   v=spf1 include:_spf.example.com ~all

Di sini, example.com adalah domain Anda, dan _spf.example.com mungkin adalah domain penyedia layanan email yang diizinkan mengirim email atas nama domain Anda.

Anda dapat menyesuaikan SPF Record sesuai dengan kebijakan pengiriman email yang Anda inginkan. Banyak penyedia layanan email menyediakan panduan khusus untuk SPF Record mereka.

7. Simpan dan Verifikasi SPF Record

Setelah memasukkan nilai SPF Record, simpan perubahan Anda. Beberapa sistem DNS mungkin memerlukan waktu untuk menyebarkan perubahan, jadi berikan waktu untuk memastikan bahwa SPF Record telah diupdate.

8. Verifikasi SPF Record

Setelah beberapa waktu, verifikasi SPF Record Anda dengan menggunakan alat verifikasi SPF yang tersedia secara online. Pastikan bahwa rekaman telah diakui dan diinterpretasikan dengan benar.

9. Pantau dan Perbarui Sesuai Kebutuhan

Pantau pengiriman email dari domain Anda dan perhatikan laporan SPF. Jika terjadi masalah, Anda mungkin perlu mengedit atau menyesuaikan SPF Record sesuai kebutuhan.

10. Perhatikan Kombinasi dengan Record Lainnya

Pastikan untuk memeriksa kombinasi SPF Record Anda dengan rekaman DNS lainnya. Beberapa aplikasi atau layanan mungkin memerlukan konfigurasi khusus.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mengonfigurasi Custom SPF Records di DirectAdmin untuk melindungi dan mengelola pengiriman email yang sah dari domain Anda. Ini adalah langkah yang penting untuk meningkatkan keamanan dan integritas email dari dan untuk domain Anda.

Leave a Comment